Categories
Mainan Edukasi

Perbedaan Smart Hafiz dan Smart Ressa [Ulasan LENGKAP]

Agar anak tetap bisa mendapatkan pengetahuan yang baik untuknya. Beberapa developer mencetuskan perangkat pendukung dengan pengemasan menarik, salah satunya Smart Resa. Sebelumnya perlu Anda ketahui terkait ulasan perbedaan Smart Hafiz dan Smart Ressa agar bisa memilih produk yang tepat.

Apa Itu Smart Ressa?

Smart Resa sendiri merupakan mainan edukasi dari Al-Qolam berwarna dasar pink yang memiliki bentuk unik yaitu semacam kepala kelinci.

Produk ini dilengkapi dengan konten-konten dari beberapa bahasa mulai dari Arab, Inggris dan Indonesia. Hal ini memudahkan agar diterima semua kalangan.

Terdapat beberapa konten menarik yang ada di dalamnya mulai dari ensiklopedia, beberapa lagu anak-anak baik Islam maupun umum, Bahasa Mandarin serta Inggris, kosa kata dan juga games. Hal ini akan membuat belajar menjadi lebih menyenangkan sehingga daya ingat semakin tajam.

Jenis kontennya bersifat universal, tujuannya adalah untuk mengasah motorik anak agar belajar tidak cepat bosan.

Produk ini menambahkan fitur karaoke dengan beberapa lagu anak ditambah dengan animasi bergerak berupa hewan-hewan berbagai karakter yang lucu.

Perbedaan Smart Hafiz dan Smart Ressa

perbedaan smart hafiz dan smart ressa

Perbedaan Smart Hafiz dan Smart Ressa terdapat pada beberapa hal, secara sederhana keduanya saling melengkapi yaitu dari segi Islami dan konten umum. Terkait persamaannya adalah berfungsi untuk membantu merangsang motorik serta melatih daya ingatnya.

1. Berasal dari Tampilan Luarnya

Tampilan luar dari Smart Hafiz adalah berbentuk mirip tas dan disampingnya terdapat anak laki-laki menggunakan peci dan perempuan mengenakan kerudung yang sedang tersenyum.

Oleh karena itu saat pertama melihatnya akan menarik perhatian terutama bagi anak-anak.

Berbeda dengan Smart Ressa, terdapat setidaknya dua pilihan warna yaitu pink dan biru. Tampilan luarnya berbentuk seperti kelinci lucu lengkap dengan telinga panjang, mata serta tangan mungil. Desain tersebut menyesuaikan dengan target market yaitu anak-anak agar lebih semangat belajar.

2. Beberapa Fitur

Smart Hafiz didesain khusus untuk menampilkan konten keagamaan sehingga sebagian besar isinya berisi mulai dari murottal al-Quran, kisah teladan, materi dai cilik, iqro’, doa pendek lengkap dengan teksnya serta asmaul husna. Terkait bahasa tersedia 3 yaitu Inggris, Indonesia dan Arab.

Konten yang ada pada Smart Ressa cenderung membahas terkait hal umum berupa ensiklopedia, mewarnai, matematika, kebudayaan, kosakata, puisi, belajar huruf Mandarin, belajar alfabet pinyin, serta lagu anak. Ada sekitar 4 bahasa yaitu Inggris, Indonesia, Cina dan Arab.

3. Berbeda dari Segi Harga

Hari dari kedua perangkat tersebut cukup berbeda, Smart Hafiz yaitu sekitar Rp. 1.699.000,00 sedangkan Smart Ressa mulai dari Rp. 2000.000,00. Selisih tersebut terdapat dari keunggulan masing-masing produk serta kualitas dari bahan yang mereka terapkan misalnya seperti LCD.

Dari kedua produk memiliki tambahan berupa mic yang bisa anak gunakan untuk bernyanyi dan menirukan suara di dalamnya.

Meski dari segi kegunaan berbeda jauh, namun Anda bisa memadukan untuk melengkapi kebutuhan anak dalam belajar baik perihal agama maupun umum.

4. Tokoh Animasi

Tokoh animasi memiliki perbedaan yang signifikan , jika pada Smart Hafiz adalah tokoh laki-laki dan perempuan muslim namun Smart Ressa adalah anak laki-laki.

Selain itu lebih detailnya terlihat pada tampilan user interface dengan beberapa pendukung seperti alam, hewan dan tumbuhan.

Tambahan tokoh terdapat pada Smart Ressa yaitu berupa hewan-hewan yang lucu untuk membantu anak agar tidak mudah bosan.

Selain berupa animasi, isi konten juga terdapat tampilan secara nyata, misalnya pada saat pembahasan terkait ensiklopedia yang berkaitan dengan sains.

Simak lebih jauh: Kelebihan dan Kekurangan Smart Hafiz

5. Isi Kontennya

Perbedaan ya¬ng signifikan juga terlihat pada isi konten yaitu Smart Hafiz bertemakan keagamaan sehingga sangat cocok jika Anda gunakan untuk melatih anak menjadi seorang Hafidz atau pecinta Al-Quran.

Hal ini karena kebiasaan mendengarkan setiap hari membuat ingatannya kuat.

Smart Ressa memiliki konten edukatif salah satunya adalah belajar beberapa bahasa yaitu Mandarin dan Inggris.

Cara pengemasannya juga cukup menarik yaitu dengan membuat konten seperti video dan animasi khusus. Selain itu juga ada beberapa nyanyian dengan kedua bahasa tersebut.

6. Tampilan User Interface

User interface sendiri merupakan tampilan yang ada pada perangkat. Smart Hafiz meski bertemakan keagamaan namun tetap mengemasnya dengan pemandangan alam.

Selain, itu pada tampilan menunya memiliki simbol sesuai pembahasan di dalamnya.

Berbeda dengan Smart Ressa yang memiliki simbol pada masing-masing menunya bertemakan alam yaitu berupa animasi hewan-hewan yang sudah kreator ubah lebih menarik.

Warnanya juga cenderung cerah, sehingga anak-anak akan lebih semangat memainkannya.

Demikian penjelasan terkait perbedaan Smart Hafiz dan Smart Ressa yang bisa menjadi pilihan orang tua untuk mengenalkan dasar pengetahuan umum maupun agama kepada buah hati.

Pengemasannya sendiri sangat menarik dan tidak perlu khawatir akan terlalu berat untuk mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × five =